Embalase.
saat Kamu berada di swalayan, banyak produk yang dikemas dengan rapi
dan menarik perhatianmu. Tanpa kita sadari Kamu akan langsung membelinya,
Padahal belum tentu membutuhkannya, hal tersebut karena pengaruh embalase
(pengemasan). Pengemasan atau embalase memiliki peranan yang sangat penting
dalam pemasaran produk.
Embalase adalah jenis reklame visual yang terdapat pada kemasan atau
pembungkus hasil produk yang di perdagangkan.
Embalase berisi pesan-pesan grafis yang menarik untuk konsumen.
Selain berfungsi untuk media reklame (embalase), Kemasan suatu produk juga
berfungsi sebagai pembungkus atau pelindung produk.
Secara umum, fungsi produk sebagai berikut:
1. Mewadahi produk selama distribusi dari produsen ke konsumen
agar tidak tercecer terutama untuk cairan, pasta,atau butiran.
2. Melindungi dan mengawetkan produk, Seperti melindungi dari
sinar ultraviolet, panas, kelembapan udara, oksigen, benturan, serta
kontaminasi dari kotoran dan mikroba yang dapat merusak dan menurunkan mutu produk.
3. Sebagai identitas produk. Dalam hal ini kemasan dapat di gunakan
sebagai alat komunikasi dan informasi kepada konsumen melalui
label yang terdapat pada kemasan.
4. Meningkatkan efisiensi, misalnya memudahkan penghitungan sehingga
memudahkan pengiriman dan penyimpanan. Hal ini penting dalam dunia
perdagangan.
5. Melindungi pengaruh buruk luar dan dalam, Misalnya, jika produk yang
di kemas berupa produk yang berbau tajam atau produk yang berbahaya
seperti air keras, gas beracun, dan produk yang dapat menularkan warna
maka dengan mengemas produk dapat melindungiproduk lain di sekitarnya.
6. Memperluas pemakaian dan pemasaran produk. Misalnya, penjualan
kecap dan sirup mengalami peningkatan sebagai akibat dari penggunaan
kemasan botol plastik.
7. Memberikan nilai yang berbeda dari produk serupa sehingga dapat
meningkatkan daya tarik pembeli.

Comments
Post a Comment